Arti Keep In the Loop

Artikel ini merupakan artikel yang sebenarnya untuk saya sendiri, karena ini untuk saya belajar bahasa Inggris dan cara saya belajar bahasa Inggris adalah seperti ini, belajar lewat film dan saya belajar seperti ini karena saya ingin bisa menggunakan bahasa Inggris gaya keseharian aja, bukan bahasa Inggris formal seperti yang biasanya kita pelajari di buku-buku pelajaran bahasa Inggris.

Saya punya blog di mana saya mengajar bahasa Indonesia untuk orang asing di www.PakGuruIman.com dan di blog itu saya banyak mengambil cuplikan adegan dari film Indonesia yang kemudian saya terjemhkan ke dalam bahasa Inggris dan kebanyakan dari cuplikan adegan tersebut menggunakan bahasa Indonesia sehari-hari dan bukan bahasa Indonesia baku sehingga ketika menerjemahkan ke dalam bahasa Inggris saya ingin menyamakan juga, jadi menerjemahkan ke dalam bahasa Inggris sehari-hari yang digunakan oleh para native English speakers dan bukan menggunakan bahasa Inggris baku seperti yang kita pelajari di buku-buku pelajaran bahasa Inggris di sekolah.

Dan menonton film Inggris seperti ini merupakan cara saya untuk belajar caranya menggunakan gaya bahasa Inggris sehari-hari seperti yang digunakan oleh para native English speakers.

Arti Keep In the Loop

Kalau kalian merasakan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini ternyata membawa manfaat buat kalian, kalian bisa follow Instagram saya di @pakguruiman atau bisa juga ke YouTube saya di Terjemahan Iman..


Pengertian Keep In the Loop

Jadi, pas gue lagi nonton film Suits, Season 5, Episode 8, gue nemuin kata di situ yang jujur aja, gue ngga ngerti artinya secara detail, dan gue hanya bisa nebak berdasarkan konteksnya dan jalan ceritanya aja.

Kata-kata yang diucapkan di cuplikan adegan tersebut adalah [keeping you in the loop], kalo gitu, kita langsung aja yuk tonton cuplikan adegan dari film Suits, Season 5, Episode 8 di bawah ini.

Gue sekalian juga tulisan percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas tapi ngga pake terjemahan bahasa Indonesia karena kan ini artikel buat gue sendiri, dan gue juga udah ngerti, jadinya ngga perlu gue terjemahin lagi ke bahasa Indonesia.

Mike: Jack Soloff has been asking about it. 

Jessica: Then you better make damn sure you keep him from finding out you put Rachel in charge. Because the last thing we need is for Jack Soloff to start sniffing around your past. 

Mike: Yeah, I know. 

Jessica: Well, if you know all these things, then why exactly are you here? 

Mike: Because you trusted me with being partner, and I'm trying to repay that trust, and I'm trying to repay that trust by keeping you in the loop

Jessica: I appreciate that, Mike. But the best way for you to repay me is by making sure that other lawyer doesn't find out your goddamn secret in the first place. 

Jadi ceritanya itu di cuplikan adegan ini tuh si Mike Ross, karena kerja dia yang bagus di law firm Pearson Specter Litt ini, dia mau dipromosiin jadi Junior Partner, tapi si Mike Ross ini punya masa lalu yang bisa dibilang termasuk fatal kalo orang-orang tahu karena sebenarnya dia itu ngga pernah kuliah hukum, jadi sebenarnya dia ngga punya ijazah S1 lah ceritanya.

Terus gimana cara dia bisa jadi pengacara kalo dia ngga pernah kuliah hukum? Ceritanya panjang sebenarnya dan itu yang membuat film Suits ini menjadi menarik karena si Mike Ross ini ceritanya saat itu dia lagi mau nganterin ganja ke pembelinya, tiba-tiba dia melihat ada polisi, jadi dia berusaha menghindar, dan ngga sengaja dia masuk ke tempat yang lagi ada interview lulusan hukum, dan dia masuk ke situ dan ngga sengaja jadi ikutan interview gitu langsung sama Harvey, dan dia cerita apa adanya, tapi kemudian entah gimana si Harvey jadi tertarik karena ternyata dia bisa membuat Harvey kagum dengan kemampuannya dia saat itu, dan akhirnya dia tiba-tiba jadi bekerja di situ, dan saat itu hanya Harvey dan Donna, sekretarisnya Harvey yang tahu kalo si Mike Ross itu bukan lulusan hukum, dan ngga pernah sekolah hukum.

Tapi kemudian lama kelamaan atasannya Harvey juga jadi tahu dan beberapa orang di kantornya juga jadi tahu mengenai masalah ini, tapi belum semua orang di kantornya yang tahu karena kalo semua orang tahu, pastinya si Mike Ross akan dipecat dan ngga bisa kerja di situ lagi.

Nah, ketika dia mau dipromosiin jadi Junior Partner sebenarnya Jessica atasannya itu keberatan karena takut malah nanti orang jadi nyari tahu mengenai backgroundnya si Mike Ross dan akhirnya jadi kebuka bahwa dia ngga pernah kuliah hukum tapi bisa jadi pengacara di situ.

Tapi karena di situ para pemegang saham malah yang mulai mempromosikan Mike Ross untuk jadi Junior Partner karena kerjanya dia yang emang bagus di situ, lalu mau ngga mau si Jessica sebagai atasannya ya perlu menerima hal tersebut dan kemudian menugaskan Mike Ross untuk mendapatkan kasus pertamanya sebagai Junior Partner dan ketika dia dapat kasus pertama yang harus diselesaikan untuk Junior Partner ini, dia ketemu sama pengacara yang dulu saat dia masih jadi pengantar surat. Dulu dia kerja jadi pengantar surat dan naik sepeda, si Mike Ross ini pernah pacaran sama seorang cewe yang namanya Claire Bowden yang dulu lagi kuliah hukum dan Mike Ross itu saat itu bohong bahwa dia juga kuliah hukum di Columbia dan akhirnya ketahuan kalo dia ngga pernah kuliah hukum di Universitas Columbia.

Nah, saat dia lihat ternyata pengacara dari pihak lain itu adalah Claire Bowden, si Mike Ross ini langsung tiba-tiba menghilang dan ngasih hal tersebut ke Rachel Zane dan dia ngasih tau kalo si Claire Bowden ini adalah cewe yang dulu pernah pacaran sama dia, dan tahu mengenai latar belakangnya dia bahwa dia itu ngga pernah kuliah hukum.

Maka kemudian terjadilah percakapan seperti itu di cuplikan adegan di atas.

Jadi, keep in the loop itu:

Kaya, ngasih tahu informasi atau perkembangan mengenai satu kasus tertentu kepada seseorang agar dia jadi tahu dan bisa mengikuti perkembangan kasusnya.

Nah, kurang lebih seperti itu arti dari [keep in the loop] dalam konteks ini. 

Gitu aja dah kalo begono. Ntar kalo gue ada lagi kata-kata yang gue kaga ngarti pas lagi nonton pelem, ntar gue tentunya bakalan nulis artikel lagi di mari.

Kalo begitu begini dulu aje dah ye. Sekali lagi ini artikel pada dasarnya emang buat gue sendiri, buat gue belajar, dan inilah cara belajar bahasa Inggris gue. Sampe ketemu lagi ya. 

Komentar