Arti Busting My Ass

 Artikel ini adalah artikel yang saya tulis untuk saya sendiri, jadi kalo kalian kebetulan masuk ke sini dan membaca artikel ini, mungkin kalian ngga bisa terlalu mengikuti karena memang artikel ini saya tulis untuk saya sendiri, sebagai catatan untuk saya belajar bahasa Inggris.

Saya saat ini punya blog di mana saya mengajar bahasa Indonesia untuk orang asing di www.PakGuruIman.com dan di blog itu saya banyak mengambil cuplikan adegan dari film Indonesia yang mana kemudian harus saya terjemahkan percakapan dalam bahasa Indonesia itu ke dalam bahasa Inggris. Itulah mengapa saya buat artikel ini sebagai tempat saya belajar untuk bisa menerjemahkan percakapan bahasa Indonesia ke dalam gaya bahasa Inggris percakapan sehari-hari yang digunakan oleh para native English speakers.

Arti Busting My Ass

Kalo kalian mendapatkan manfaat dari membaca artikel-artikel yang ada di blog ini, kalian bisa follow Instagram saya di @pakguruiman atau bisa juga ke YouTube saya di Terjemahan Iman.

By the way, artikel di blog ini terbagi menjadi dua, yang satu untuk saya mengajar bahasa Inggris tapi yang saya berikan label [Catatan Iman] itu artikel yang saya tidak sedang mengajar tapi artikel yang untuk saya sendiri yang untuk saya belajar, seperti artikel ini contohnya.

Karena artikel ini untuk saya sendiri, saya akan ganti gaya ngomongnya menjadi gue loe gue loe karena biasanya saya seperti itu kalo ngomong soalnya karena saya lama tinggal di Jakarta.


Pengertian Busting My Ass

Gue nemuin kata-kata [busting my ass] ini di film Suits, Season 6, Episode 8, yang nanti cuplikan adegannya akan gue embedkan di bawah, jadi bisa kita tonton adegan di mana diucapkan kata-kata [busting my ass] ini.

Sebenarnya gue udah tau sih arti dari [busting my ass] ini karena ngelihat konteksnya juga udah ketahuan dan bisa ketebak artinya, tapi gue mau simpen di sini sebagai dokumentasi aja, ketika gue butuhkan untuk ngelihat di konteks dan situasi kaya apa sih digunakan kata [busting my ass] ini, gue bisa gampang nemuinnya.

[Busting my ass] kalo diterjemahkan secara kata per kata itu kan artinya adalah:

Menghancurkan pantat saya.

Tapi bukan itu artinya, dan kalo kita lihat di arti yang sebenarnya, [busting my ass] itu artinya adalah:

To make an extreme effort.

Yang kalo di dalam bahasa Indonesia itu maksudnya adalah benar-benar berusaha banget, benar-benar jungkir balik ngusahain banget. Kaya gitu lah kira-kira.


Contoh Penggunaan Busting My Ass

Contoh yang pertama, dari film Suits, Season 6, Episode 8. Yuk kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.

Terus obrolan yang terjadi di cuplikan adegan di atas, gue tulisin di bawah ini:

Donna: Mike, Harvey didn't want you to know this yet, but there is no you and Cahill.

Mike: What?

Donna: Cahill pulled your deal.

Mike: What the hell are you talking about?

Donna: His superior said that you didn't hold up your end of the bargain.

Mike: That is bullshit! I've been busting my ass to hold up my end of the bargain.

Donna: I know that, and Harvey knows that, and he's trying to get your deal back.

Ini ngga gue terjemahin ke dalam bahasa Indonesia ya, karena artikel ini buat gue, jadi ya gue juga udah ngerti juga sih maksudnya. Cuma kata-kata yang gue ngga ngerti aja, yang gue tulisin terjemahannya biar ntar pas gue baca lagi, gue ngga bisa langsung ngerti.

Situasinya di cuplikan adegan ini tuh seperti berikut ini:

Si Mike Ross masuk penjara selama dua tahun dan Harvey, yang di sini jadi pengacaranya dia, ada kesepakatan dengan Sean Cahill bahwa dia bisa ngeluarin si Mike Ross sebelum dua tahun tapi ada hal yang harus dilakuin Mike Ross untuk itu.

Si Mike Ross harus ngebuat Kevin Miller, teman satu selnya untuk ngakuin sesuatu, dan kalo itu berhasil dilakuin oleh si Mike Ross, maka Sean Cahill akan ngusahain untuk si Mike Ross bisa keluar dari penjara sebelum dua tahun.

Tapi ternyata kemudian Sean Cahill mencabut kesepakatannya secara sepihak dan bilang kalau si Mike itu ngga nepatin janjinya. Nah, pas Donna ngasih tau kaya gitu, si Mike kemudian ngomonglah kata-kata ini:

That is bullshit! I've been busting my ass to hold up my end of the bargain. (Ngga bener itu! Gue di sini jungkir balik berusaha untuk nepatin janji gue ya.)

Nah, kurang lebih seperti itu. Ntar kalo gue nemu lagi cuplikan adegan yang lain di mana diucapin kata-kata [busting my ass], Insya Allah, ntar gue update lagi artikel ini, biar gue bisa lihat contoh-contoh penggunaan [busting my ass] ini.

Sampai ketemu lagi.

Komentar