Samanko Coffee Roasters - Tanjungpinang

Halo semuanya, ketemu lagi sama saya, Iman Prabawa. Kali ini saya mau ngebahas tempat makan atau lebih tepatnya cafe yang asik banget yang lokasinya berada di kota Tanjungpinang. Buat kalian yang ngga tahu kota Tanjungpinang itu di mana, kota ini berada di Pulau Bintan. Pulau Bintan itu di mana? Pulau Bintan itu lokasinya berada di sebelah Pulau Batam dan dekat dengan Singapura.

Samanko Coffee Roasters - Tanjungpinang

Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas cafe yang satu ini. Lokasinya di kota Tanjungpinang ini ada dua, yang satu berada di dekat pelabuhan Sri Bintan Pura dan yang satunya lagi berada di Batu 9.


Lokasi Samanko Coffee Roasters

Cafe Samanko ini lokasinya ada dua di kota Tanjungpinang ini. Lokasi yang pertama berada di Jalan Raja Haji Fisabilillah atau berada di daerah yang sering disebut dengan istilah Batu 9. Di kota Tanjungpinang ini, biasanya sebutan kata Batu itu adalah sebutan yang lebih sering didengar ketimbang nama jalannya.

Saya embedkan Google Maps dari lokasi Samanko Coffee Roasters yang ada di Batu 9 ini ya agar kalian yang ingin datang ke sana, bisa dengan mudah mencarinya.


Kalian juga bisa menonton video singkat di bawah ini untuk melihat lokasi tepatnya dari Samanko Coffee Roasters yang ini.


Atau video yang di bawah ini.


Tampak depan dari Samanko Coffee Roasters yang terletak di jalan Raja Haji Fisabilillah ini bisa kita lihat juga pada gambar di bawah ini.

Samanko Coffee Roasters 1

Samanko Coffee Roasters ini sepertinya merupakan outletnya Samanko yang pertama. Kemarin itu saya sempat ke sana untuk membeli kopi bubuknya dan sempat untuk mengambil foto di sini. Berikut adalah foto-foto situasi dari Samanko Coffee Roasters 1 ini.

Situasi Samanko Coffee Roasters 1


Situasi Samanko Coffee Roasters 1


Situasi Samanko Coffee Roasters 1


Situasi Samanko Coffee Roasters 1

Dan di bagian depannya, di sebelah kanan, begitu kita masuk ke dalam cafe ini, terlihat kopi-kopi bubuk yang dijual di situ. Di sini saya membeli satu buah kopi Papua Wamena dan ada juga biji kopi yang saya beli di sini.

Kopi Bubuk Samanko

Kalau ngga salah cafe ini kemudian buka lagi di daerah pelabuhan, dekat dengan pelabuhan Sri Bintan Pura. Kalau di Google Mapsnya outletnya Samanko yang kedua ini namanya adalah Samanko Coffee Roasters 2.

Lokasi tepatnya dari Samanko Coffee Roasters 2 ini ada di:
Ruko Kuning seberang Raffles, Jl. Merdeka No.28, Tanjungpinang Kota, Tanjung Pinang Kota, Tanjung Pinang City, Riau Islands 29111
Saya embedkan juga ya Google Mapsnya Samanko Coffee Roasters 2 di bawah ini agar kalian mudah untuk mencarinya kalau kalian mau ke sana.


Dan kalian juga bisa menonton video singkat di bawah ini untuk lebih melihat lokasinya pastinya.


Juga bisa kalian lihat pada foto-foto di bawah ini penampakan dari arah depannya.

Tampak Depan Samanko Coffee Roasters 2

Di sebelah kirinya itu sebelum kita masuk, kita akan melihat penampakan Roasting Process seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Roasting Process

Dan tampak depannya kalau kita lihat dari arah jalan, Samanko Coffee Roasters 2 ini terlihat seperti pada foto di bawah ini.

Tampak Depan Samanko Coffee Roasters 2

Saya sendiri kebetulan datang ke kedua tempat ini, tapi yang di Samanko Coffee Roasters 1 saya tidak makan di situ. Saya hanya beli kopinya aja. Mereka juga menjual kopi bubuk di situ. Saya makan di Samanko Coffee Roasters 2, entah kenapa karena tempatnya buat saya jauh lebih nyaman di Samanko Coffee Roasters 2 ketimbang Samanko Coffee Roasters 1 kalau menurut saya. Ini menurut penilaian pribadi saya aja ya.

Berikut adalah foto-foto situasi dari Samanko Coffee Roasters 2 saat saya datang ke sini. Begitu kita masuk, maka kita akan melihat seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.


Sementara di sebelah kirinya, terdapat banyak pajangan kopi bubuk dan kopi biji yang mereka jual seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.


 

Dan berikut adalah foto-foto dari lantai pertama dari Samanko Coffee Roasters 2 ini.
















Sementara untuk lantai duanya, bisa kita lihat pada foto-foto di bawah ini.






Saya rasa sudah cukup dengan situasinya ya. Suasananya cozy banget dan sangat nyaman sekali. Estetika ruangannya juga keren banget deh!

Makanan dan Minuman Di Samanko Coffee Roasters

Nah, sekarang kita akan melihat ke makanan dan minuman yang ditawarkan oleh Samanko Coffee Roaster ini.

Pertama, saat kita mau memesan, akan ada buku menu yang penampakannya terlihat seperti pada foto di bawah ini.




Jadi, pengalaman saya pertama kali ke sini, pesannya itu bukan dengan cara kita duduk di meja makan dulu baru kemudian menunya datang terus kita tinggal milih menu yang kita mauin. 

Tapi kita datang ke tempat kita akan order, mirip kaya misalnya kita ke restoran fast food gitu, entah itu Kentucky Fried Chicken (KFC), McDonald's, Burger King atau yang lainnya.

Kita pesan di situ, kemudian kita bayar, dan lalu kita duduk dan setelah itu pesanan kita akan diantarkan ke meja di mana kita duduk.

Menu Favorit Di Samanko Coffee Roasters

Karena saya baru pertama kali ke sini, saya kemudian bertanya, menu yang banyak dipesan di sini itu apa ya? Karena menunya banyak dan saya berakhir dengan bingung dan pusing, makanya saya tanya ke karyawannya aja menu favorit atau menu yang banyak dipesan sama orang-orang ketika mereka makan di sini itu apa.

Dan jawaban dari karyawannya, menu yang banyak dibeli oleh orang-orang yang ke sini itu antara lain:

1. Cheese Beef Bomba
Cheese Beef Bomba itu adalah burger yang penampakannya seperti terlihat pada foto di bawah ini.

Cheese Beef Bomba

Dan saya pun kemudian pesan ini karena saya bingung dan ngga tahu mau pesan apa di situ karena ini baru pertama kalinya saya ke sini.

Kalau menurut saya, ini Cheese Beef Bombanya termasuk enak! Dan yang saya suka di sini itu mereka menyajikannya itu terlihat menggiurkan sekali. Penataan makanannya bagus dan membuat jadi ngiler dan jadi pingin makan.

2. Basque Burnt Cheesecake
Basque Burnt Cheesecake adalah cheese cake yang penampakannya terlihat seperti pada foto di bawah ini.

Basque Burnt Cheesecake

Yang di situ kita diberikan cairan yang kemudian kita siramkan ke cakenya seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Basque Burnt Cheesecake With Sauce

Untuk yang ini, yang pesan adalah istri saya karena sebenarnya saya ngga suka sama yang namanya keju. Jadi, begitu dengar namanya cheesecake, saya langsung lewat aja, ngga saya pesan. Tapi istri saya suka sama keju, makanya kemudian dia pesan Basque Burnt Cheesecake ini dan menurut dia rasanya enak.

3. Sea Salt Cream Coffee
Sea Salt Cream Coffee ini penampakannya adalah seperti terlihat pada foto di bawah ini.

Sea Salt Cream Coffee

Ini juga kalau menurut saya rasanya enak! Cocok dengan lidah saya! Jadi, yang saya pesan waktu pertama kali datang ke sini itu adalah Cheese Beef Bomba dan Sea Salt Cream Coffee yang penampakannya seperti terlihat pada foto di bawah ini.

Burger dan Kopi

Kalau kalian datang ke sini, makanannya memang terlihat semenggoda itu kok. Menunya itu hanya tulisan aja, dan ngga pake foto, dan begitu makanannya datang, saya sempat yang kagum gitu. Wah, ini penampilan dari makanannya bikin ngiler nih!

4. Caramel Macchiato
Di kedatangan saya yang kedua, saya memesan Caramel Macchiato karena ini merupakan minuman yang banyak dipesan oleh orang-orang yang datang ke Samanko Coffee Roasters ini kalau menurut karyawannya.

Penampakannya adalah seperti terlihat pada foto di bawah ini.

Caramel Macchiato Tampak Depan


Caramel Macchiato Tampak Atas

Kalau untuk yang Caramel Macchiato ini, kalau menurut lidah saya sih biasa aja, tapi ini kalau menurut saya masalah selera aja sih. Karena kan tiap orang seleranya berbeda-beda dan kebetulan ini rasanya biasa aja di lidah saya, tidak seistimewa Sea Salt Coffee Cream yang menurut saya enak banget.

Nah, menurut karyawan di sana makanan yang banyak dipesan oleh orang-orang adalah empat menu tersebut.

Cafe Yang Cozy Dengan Makanan Yang Enak Di Tanjungpinang

Lalu saya juga memutuskan untuk mencoba menu yang lainnya seperti misalnya:

5. French Fry or Die
Ini adalah kentang goreng atau French Fries standard yang penampakannya terlihat seperti pada foto di bawah ini.

French Fry or Die

Rasanya cukup enak ini kentang gorengnya, tapi sayangnya disuguhkan tidak dengan saos sambal karena saya biasanya makan French Fries ya dengan saos sambal. Disajikan pake saosnya yang berwarna putih yang untuk lidah saya sih ngga cocok, tapi tetap tampilannya itu cukup menggoda untuk kita cobain.

Lalu saya pun bertanya, apakah saya bisa minta saos sambal ke karyawannya? Dan kemudian dibawakan saos sambalnya. Dan saos sambalnya adalah standar saos sambal tapi diberikan ngga tahu saya apa itu di atasnya, sehingga saos sambalnya pun terlihat enak dan menggugah selera, padahal mah saos sambal biasa aja.

Saos Sambal

Saya kagum sih dengan pemberian daun hijau itu di atas saos sambalnya yang membuat saos sambalnya terlihat bagus, estetikanya dapat aja kalau menurut saya.

Sementara istri saya memesan burger juga tapi bukan Cheese Beef Bomba. Dia memesan burger yang namanya itu adalah:
6. Garlic Chicken Cheeseburger, yang penampakannya terlihat seperti pada foto di bawah ini.

Garlic Chicken Cheeseburger

Sementara untuk minumnya, istri saya memesan minuman:
7. Dark Hazelnut Latte, yang penampakannya terlihat seperti pada foto di bawah ini.

Dark Hazelnut Latte

Dark Hazelnut Latte yang ini saya mencicipi juga dan saya suka! Enak rasanya!

Dan kita juga pesan menu yang namanya adalah:
8. Fried Chicken Popcorn, yang penampakannya terlihat seperti pada foto di bawah ini.

Fried Chicken Popcorn

Dan yang ini juga rasanya enak! Saya suka Fried Chicken Popcorn ini.

Lalu saya juga sempat memesan menu French Fries yang ngga standar yaitu nama menunya adalah:
9. Hashbrown Potato, yang penampakannya seperti terlihat pada foto di bawah ini.

Hashbrown Potato

French fries yang ini yaitu Hashbrown Potato ini asli enak banget! Dan yang uniknya, biasanya saya kalau kentang goreng itu enaknya pake saos sambal, tapi khusus untuk yang satu ini, saus yang dikasih itu yang terlihat pada foto di atas itu, pas banget jika dimakan dengan Hashbrown Potato ini. Asli enak banget ini!

Dan menu yang terakhir yang istri saya pesan adalah:
10. Spanish Latte, yang penampakannya terlihat seperti pada foto di bawah ini.

Spanish Latte Tampak Depan



Spanish Latte Tampak Atas

Spanish Latte ini saya nyicipin dan saya suka dengan rasanya. Yang ini juga sesuai dengan selera lidah saya. Intinya sepertinya sih, banyak menu dari Samanko Coffee Roasters ini yang saya suka.

Saya ke sini dua kali, jadi menu-menu yang saya pesan di atas itu tidak saya pesan langsung dalam satu kali datang. Tapi kedatangan saya yang pertama ke Samanko Coffee Roasters 2 ini saya memesan:
  1. Cheese Beef Bomba
  2. Fried Chicken Popcorn
  3. Garlic Chicken Cheeseburger
  4. Dark Hazelnut Latte
  5. Sea Salt Cream Coffee
dan berikut adalah bonnya. Jadi, untuk memesan 5 menu tersebut, bisa terlihat pada bon di bawah ini berapa uang yang saya keluarkan.

Bon Samanko 1

Sementara kedatangan saya dan istri saya yang kedua kalinya ke sini, kita memesan menu yang berbeda dengan menu yang pertama kali kita datang ke tempat ini.

Untuk kedatangan yang kedua itu, menu yang kita pesan di Samanko Coffee Roasters 2 ini adalah sebagai berikut:
  1. French Fry or Die
  2. Hashbrown Potato
  3. Caramel Macchiato
  4. Spanish Latte
  5. Basque Burnt Cheesecake
Dan berikut adalah bon untuk kedatangan yang kedua kita di Samanko Coffee Roasters 2.

Bon Samanko 2

Nah, kurang lebih seperti itu, dan selanjutnya saya akan menceritakan kesan-kesan saya selama saya makan di Samanko Coffee Roasters 2 ini.

Kesan Makan Di Samanko Coffee Roasters 2 Tanjungpinang

Saya makan hanya di Samanko Coffee Roasters 2 yang lokasinya berada di Jalan Merdeka dan dekat dengan Pelabuhan Sri Bintan Pura.

Yang di Samanko Coffee Roasters 1, saya tidak makan di sana, saya hanya membeli kopi bubuknya saja. Dan juga saya memutuskan untuk tidak makan di Samanko Coffee Roasters 1 karena saat saya datang ke sana, saya bertanya kepada karyawannya mengenai kopi bubuk yang saya mau beli, pelayannya itu seperti ngga mengerti barang yang mereka jual, lalu kita juga agak dicuekin.

Jadi, berdasarkan pengalaman tersebutlah makanya kita tidak makan di Samanko Coffee Roasters 1, sementara di Samanko Coffee Roasters 2, yang saya rasakan, pelayannya itu ramah-ramah dan ketika istri saya bertanya mengenai kopi bubuk apa yang mereka rekomendasikan karena istri saya berniat untuk membeli kopi bubuk Samanko ini untuk dibawa sebagai oleh-oleh ke Bandung.

Pelayannya pun dengan ramah lalu menjelaskan kopi bubuk yang tersedia di situ yang mereka jual dan pelayannya sangat paham dengan produknya, dan dia bisa menjelaskan dengan sangat baik.

Ini kebetulan ketika pelayannya sedang menjelaskan, saya foto aja.

Pelayan Menjelaskan Kopi

Nah, di situ dia menjelaskan kopi yang ini itu rasanya begini, yang itu rasanya begitu, dan terlihat sekali kalau dia memang menguasai pengetahuan produk dengan sangat baik.

Begitu juga saat saya memesan menu, ketika saya tanya menu favorit di sini itu apa aja, lalu dia menjelaskan dan kemudian saya bertanya, "Cheese Beef Bomba itu apa?" Lalu si pelayan pun bisa menjelaskan dengan sangat baik sekali sehingga akhirnya saya pun memutuskan untuk pesan.

Jadi, menu apa yang kita tidak mengerti setelah kita baca di buku menunya itu, tinggal kita tanya aja, lalu si pelayan akan bisa menjelaskan dengan sangat baik.

Jadi, kesan saya makan di sini, pelayanannya ramah sekali, lalu mereka juga pengetahuan produknya bagus sekali karena mereka bisa menjelaskan dengan sangat baik menu-menunya, lalu estetika bangunannya yang terasa nyaman sekali sehingga saat kita makan itu rasanya nyaman dan udah gitu makanannya juga enak.

Penampilan dari makanan yang datang juga sangat mereka perhatikan dengan baik. Itu yang saya salut sekali, bisa kalian lihat dari foto-foto yang saya berikan di atas, makanan-makanannya terlihat enak kan? Tampilannya itu bagus!

Untuk soal harga, kalau dibandingkan dengan cafe yang seperti ini, yang berada di Pulau Jawa. Kalau kita bandingkan dengan cafe yang ada di Jakarta atau cafe yang ada di Bandung, karena sekarang saya tinggalnya di Bandung, itu secara harga, dengan kualitas yang seperti ini yang mereka berikan, itu jauh lebih murah.

Makanya waktu saya bayar, saya agak kaget juga, wah, ini mah termasuk murah dengan kualitas yang seperti ini, kalau dibandingkan dengan di Jakarta atau di Bandung, harga yang perlu kita bayar ngga segitu, pastinya lebih mahal lagi.

Jadi, seperti itulah pengalaman saya makan di Samanko Coffee Roasters 2 yang ada di Jalan Merdeka, kota Tanjungpinang yang dekat dengan Pelabuhan Sri Bintan Pura.

Kalau ditanya, apakah saya akan mau datang lagi ke sini kalau misalnya saya main ke kota Tanjungpinang lagi? Tentu saja! Top deh! 

Kalau begitu, sekian dulu sharing dari saya mengenai cafe tempat makan yang cozy dan nyaman di kota Tanjungpinang, Pulau Bintan.

Komentar