Sate Kambing Putri Hanjawar Juara - Bogor

Halo semuanya, ketemu lagi sama saya, Iman Prabawa. Kali ini saya mau mereview salah satu tempat makan di Bogor yang terbilang baru dibuka yaitu Sate Kambing Putri Hanjawar Juara. Buat teman-teman yang pernah main ke Puncak Bogor, pasti pernah mendengar nama Sate Kambing Hanjawar yang sangat terkenal di daerah Puncak, Bogor.

Sate Kambing Putri Hanjawar Juara - Bogor

Kalau lihat dari namanya, kalau yang Puncak, Bogor itu ngga ada nama Putri Hanjawar Juara di plangnya. Mungkin aja yang punya tempat Sate Kambing Putri Hanjawar Juara ini merupakan anak dari yang punya Sate Kambing Hanjawar yang ada di Puncak.


Lokasi Sate Kambing Putri Hanjawar Juara

Sate Kambing Putri Hanjawar Juara ini saat saya menulis artikel ini, terbilang baru saja dibuka di Bogor. Lokasi dari Sate Kambing Putri Hanjawar Juara ini seperti yang terlihat pada foto di buku menunya di bawah ini.

Buku Menu Sate Kambing Hanjawar

Alamatnya yaitu ada di:

Jl. Papandayan No.31, Babakan

Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

Yang penampakannya bisa kita lihat pada video singkat di bawah ini.

Dan sekalian aja saya embedkan Google Mapsnya buat kalian yang memang lagi mencari Sate Kambing Hanjawar Juara ini.

Dan penampakan dari depannya terlihat seperti pada foto di bawah ini.

Tampak Depan Sate Kambing Hanjawar Juara

Beberapa kali saya lewat di situ, sering terlihat mobil-mobil yang rame parkir di area parkirnya. Juga saat saya datang ke sana bersama istri dan ibu saya, mobil-mobil yang terparkir di area parkirnya Sate Kambing Putri Hanjawar ini pun juga terlihat banyak. 

     Baca juga: Soto Mie Enak Di Bogor

Dari tempat parkir ini, terlihat bagian tempat memanggang satenya yang ada di sebelah kanan seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Tempat Memanggang Sate

Dan foto di bawah ini, saat pegawai dari Sate Kambing Hanjawar Juara ini sedang memanggang sate-sate untuk nantinya disuguhkan ke konsumen yang makan di restoran.

Pegawai Memanggang Sate

Kalau melihat dari segi tempat, tempatnya nyaman, dan parkirannya juga luas. Jadi, yang membawa mobil ngga usah khawatir bingung tempat parkir.


Sate Kambingnya Empuk!

Seperti nama restorannya yang memakai embel-embel sate kambing, pastinya yang mereka juarain di sini adalah menu sate kambingnya dong!

Untuk sate kambingnya, kita bisa memilih sate kambing campur atau yang full daging seperti yang terlihat di buku menunya di bawah ini.

Buku Menu Sate Kambing Hanjawar

Karena saya pernah makan di Sate Hanjawar yang ada di Puncak, Bogor, dan waktu itu saya memilih sate kambing campur. Kalau sate kambing campur itu, seperti namanya, dia dicampur, antara lemak dan daging dicampur jadi satu seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.
Sate Kambing Campur

Seperti yang terlihat di foto di atas, ada bagian sate yang terlihat kuning. Nah, itu adalah bagian lemaknya, sementara yang ngga keliatan kuning itu yang bagian dagingnya. 

Jadi, diselang seling, daging lalu lemak lalu daging. Jadi, habis kita makan daging, berikutnya yang akan kita makan adalah bagian lemaknya.

Dan sate kambingnya empuk! Untuk masalah empuknya sama persis dengan waktu saya makan di Sate Kambing Hanjawar di Puncak, tapi yang di Sate Kambing Putri Hanjawar Bogor ini kerasa ada rasa prengusnya, dan ini yang saya ngga suka.

     Baca juga: Nasi Goreng Legend Di Bogor

Kalau yang di Sate Kambing Hanjawar yang di Puncak itu, sama sekali ngga ada rasa prengusnya. Kata orang sih, masalah rasa prengus ini berhubungan dengan gimana cara memasak atau cara mengolah satenya. Tapi saya juga ngga tau pasti karena saya sendiri ngga bisa masak dan yang jelas saya ngga suka dengan rasa prengusnya ini.

Bumbu kacangnya terlihat seperti pada foto di bawah ini.

Bumbu Kacang

Dan sate kambing ini juga disajikan dengan tomat, bawang dan cabe rawit seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Tomat, Bawang dan Cabe Rawit

Untuk tongseng kambingnya kalau menurut saya enak, dan ngga ada rasa prengusnya. Cuma di sate kambingnya aja yang kerasa ada rasa prengusnya.

Tongseng kambingnya terlihat seperti pada foto di bawah ini.

Tongseng Kambing

Untuk tongseng kambingnya, rasanya mirip dengan tongseng kambing yang di Sate Hanjawar Puncak. Lalu saya juga memesan mendoan seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Mendoan

Untuk mendoan juga terbilang enak. Kalau di Sate Hanjawar yang di Puncak, kebetulan saya ngga nyobain mendoan di sana, jadi ngga bisa membandingkan apakah rasanya mirip atau tidak.

Di sini juga disediakan kerupuk dan emping yang bisa kita ambil sendiri. Ada tempatnya sendiri seperti yang bisa kita lihat pada foto di bawah ini.

Tempat Emping dan Kerupuk

Di situ ada emping, kerupuk kulit atau kerupuk jangek, lalu ada juga peyek kacang. Itu aja sih, tiga pilihan yang bisa kita pilih dan saya pun lalu memilih mengambil empingnya.

Emping

Dan untuk minumnya, pilihannya bisa kita lihat pada buku menu di bawah ini.

Menu Minuman Sate Kambing Hanjawar

Dan saya pun memilih es kelapa jeruk. Penampakan dari es jeruknya terlihat pada foto di bawah ini.

Es Kelapa Jeruk

Kalau untuk urusan kelapa mudanya, kalau menurut saya sih, belum ada yang bisa menandingi es kelapa mudanya H. Udin yang lokasinya ada di Pasar Anyar, Bogor.

     Baca juga: Es Kelapa Muda H. Udin 

Juara banget deh kalau es kelapa mudanya H. Udin sih. Tuh kan seketika saya jadi kebayang tekstur lembut dari es kelapa mudanya H. Udin.

Kita memesan nasi putih dua aja karena kebetulan kita ngga terlalu makan nasi putih banyak sehingga dua nasi putih aja udah cukup.

Nasi putihnya itu disajikan di dalam periuk nasi seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Periuk Nasi

Periuk nasinya terlihat di sebelah kanan. Sebenarnya ini bukan foto kita tapi foto dari meja sebelah yang setelah selesai makan, karena saya sendiri lupa untuk memfotokan periuk nasinya, jadi, ya udah foto ini aja yang saya masukkan di sini. Hehe.

Dan total tagihan dari saya, istri dan ibu saya makan bertiga adalah seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Bon Sate Kambing Putri Hanjawar

Total segitu sebenarnya perlu dikurangi dengan durian montong yang saya beli satu kotak. Karena kan itu ngga termasuk di makan di situ juga dan bukan termasuk di dalam menu yang ada di Sate Kambing Putri Hanjawar Juara Bogor ini.

Jadi, total makan bertiga itu adalah Rp 344ribu dengan menu seperti yang terlihat pada foto di atas.


Ada Durian Montong Di Sini

Di depan, saat kita mau masuk ke dalam restoran, itu ada kulkas yang isinya durian montong. Kulkasnya seperti terlihat pada foto di bawah ini.

Kulkas Durian

Dan kalau kita dekati dan lihat isi di dalamnya maka terlihat seperti foto di bawah ini.

Durian Montong Di Kotak

Karena penasaran, saya pun mengambil dan beli satu kotak duren ini. Harga per kotaknya itu Rp 85ribu dan rasanya enak!


Suasana Di Sate Kambing Putri Hanjawar Bogor

Kalian bisa melihat suasana di dalam restoran Sate Kambing Putri Hanjawar Juara Bogor melalui foto-foto berikut ini.

Suasana Sate Kambing Putri Hanjawar 1

Suasana di dalam restoran ini kalau saya bilang sih terbilang nyaman, enak buat kita makan. Buat kalian yang nyari tempat makan yang suasananya enak, ini bisa jadi pilihan buat kalian tapi memang kalau dari segi harga, restoran ini terbilang cukup mahal. 

Suasana Sate Kambing Putri Hanjawar 2

Di dalam restoran Sate Kambing Putri Hanjawar Juara ini juga terdapat kolam ikan yang seperti terlihat pada foto di bawah ini.

Kolam Ikan

Di sebelah kolam ikan itu terdapat meja-meja buat makan. Dan berada di bawah pohon yang cukup rindang. 

Suasana Sate Kambing Putri Hanjawar 3


Suasana Sate Kambing Putri Hanjawar 4


Suasana Sate Kambing Putri Hanjawar 5

Seperti yang bisa kalian lihat pada foto-foto di atas, kalau untuk suasana, emang terbilang nyaman. Suasananya nyaman untuk kita bersantap di sini.


Kesan Makan di Sate Kambing Putri Hanjawar Juara

Yang saya sampaikan di sini adalah menurut subjektivitas saya lho, jadi ngga bisa dijadikan patokan. Saran saya, kalian cobain makan di sini sendiri sehingga kalian bisa tahu sendiri apakah restoran ini cocok dengan selera lidah kalian atau tidak. 

Untuk sate kambingnya, jujur saya ngga suka dengan rasa prengusnya, dan itu membuat saya jadi ngga mau lagi makan sate kambing di sini karena memang saya ngga suka dengan rasa prengusnya itu walaupun memang dagingnya terasa empuk.

Pelayanannya juga yang saya rasakan termasuk lama padahal waktu saya makan kondisinya ngga terlalu rame dan masih terlihat banyak pegawainya yang diem aja, ngga ngapa-ngapain. Lalu saya perhatikan juga meja-meja dari konsumen yang sudah makan dan sudah pergi, belum dibereskan juga. Terlihat dari foto periuk nasi yang di atas, itu sebenarnya saya memfotokan itu karena itu meja yang sudah ditinggalkan oleh yang makan dan belum juga dibereskan oleh pegawainya padahal saya perhatikan banyak pegawai yang nganggur dan diem aja. Cukup sekali aja sih sepertinya saya untuk makan di sini. 

Untuk kenyamanan makan di sini, jujur saya merasa nyaman makan di sini. Suasananya enak buat kita makan. Buat kalian yang kalau makan itu nyari suasana, maka makan di sini bisa jadi satu pilihan.

Parkirannya luas, jadi ngga perlu mikir buat kalian yang bawa mobil walau memang beberapa kali saya lewat di sini yang makan di sini banyak. Parkiran mobilnya terbilang penuh, tapi tetap masih ada tempat untuk parkir mobil.

Untuk masalah harga, kalau saya bilang makan di sini terbilang cukup mahal tapi wajar sih karena kalau melihat dari tempatnya aja, yang parkirannya luas, memang restoran ini menyasar segmen menengah ke atas yang bermobil yang makan di sini.

Jadi, sekian kalau menurut saya. Duriannya beneran enak! Mungkin saya akan ke sini lagi kalau ada waktu lagi tapi lebih untuk beli durian kotaknya aja sih sepertinya. Enak banget soalnya!

Terima kasih sudah membaca artikel saya dan sampai ketemu lagi!

Komentar