Es Kelapa Muda H. Udin - Bogor

Halo, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini saya mau sharing es kelapa muda yang juaranya banget deh di Bogor, bahkan kalau menurut saya es kelapa muda ini adalah es kelapa muda yang terbaik di seluruh Indonesia yang pernah saya cobain!

Es Kelapa Muda H. Udin - Bogor

Nama es kelapa mudanya adalah Es Kelapa Muda H. Udin, terus apa aja sih kelebihannya ini es kelapa muda sampe saya bilang ini es kelapa muda terbaik se-Indonesia?


Lokasi Es Kelapa Muda H.Udin

Lokasi dari Es Kelapa Muda H. Udin ini terletak di dalam Pasar Anyar di kota Bogor, Jawa Barat. Buat yang bawa mobil dan mau ke sini memang agak sedikit repot ya. 

     Baca juga: Toge Goreng Enak Di Bogor

Untuk detail lokasinya kalian bisa tonton video singkat saya di bawah ini.

Saya embedkan juga Google Mapsnya di bawah ini agar kalian mudah mencarinya apabila lagi berada di Bogor dan kemudian penasaran dan tertarik untuk mencobanya.

Dan kalian bisa juga melihat dari foto di bawah ini tampak depan dari Es Kelapa Muda H. Udin.

Tampak Depan Es Kelapa Muda H. Udin

Lokasinya ada di pinggir jalan dan angkot lewat depan Es Kelapa Muda H. Udin ini, tapi saya sendiri ngga tahu angkot nomor berapa yang lewat depan situ, tapi saat saya makan di situ, selalu ngelihat ada angkot yang lewat situ.

Lokasi Es Kelapa Muda H. Udin

Terus apa sih kelebihan dari Es Kelapa Muda H. Udin ini sampai saya bilang buat saya ini juaranya es kelapa muda deh!

Es Kelapa Muda Paling Juara Di Bogor

Sebenarnya yang dijual di Es Kelapa Muda H. Udin ini cuma satu aja, yaitu es kelapa muda yang diberi gula. Tapi yang membuat es kelapa mudanya H. Udin ini spesial sekali karena kerokannya itu halus banget! 

     Baca juga: Nasi Goreng Legend Di Bogor

Tekstur kelapa muda hasil kerokannya H. Udin yang menggunakan sendok khusus itu membuat tekstur kelapa mudanya itu begitu lembut! Itu yang ngga ada dan ngga pernah saya jumpai di es kelapa muda mana pun yang ada di Indonesia.

Buat yang ngga maniak sama es kelapa muda mungkin ngga terlalu bisa merasakan perbedaannya, tapi silakan kalian bandingkan aja es kelapa mudanya H. Udin ini dengan es kelapa muda yang dijual di mana pun di Indonesia. Bahkan kalau dibandingkan dengan es kelapa muda yang dijual di restoran-restoran mahal sekali pun, tetap kalau menurut saya, kerokan sendoknya H. Udin saat mengerok kelapa mudanya itu sangat luar biasa sekali.

Kelapa mudanya terasa lembut sekali! Dan kalau kalian beli es kelapa muda di sini, es kelapa mudanya itu NGGA PERNAH GAGAL! Kalau saya beli es kelapa muda di tempat lain, kadang saya dapat es kelapa yang muda, tapi kadang dapat yang tua, lalu kadang dapat yang masih sangat muda, yang masih umbel atau masih seperti ingus gitu karena saking masih mudanya kelapanya.

Nah, kalau beli es kelapa muda di H. Udin itu, hal-hal kaya gini itu kalian ngga akan ngalamin! Akan selalu dapat kelapa muda yang benar-benar enak, ngga ketuaan, ngga kemudaan. Karena memang H. Udin benar-benar memilih kelapa yang pas, kalau misalnya saat dia buka, mendapati kelapanya terlalu tua, maka itu kelapa akan dia singkirkan dan tidak akan dia sodorkan ke pembeli.

Di sini juga belinya itu berdasarkan takaran. Satu porsi es kelapa muda di H. Udin itu adalah semangkok es kelapa muda dan segelas air kelapanya, seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Seporsi Es Kelapa Muda H. Udin

Harga satu porsi seperti ini adalah Rp 18ribu saat saya beli beberapa hari yang lalu. Kalau dibandingkan dengan harga es kelapa muda yang lain, memang harga satu porsinya di Es Kelapa Muda H. Udin ini terbilang mahal, apalagi melihat tempatnya yang berada di dalam pasar seperti itu.

Tapi kalau melihat dari segi, kita akan selalu mendapatkan es kelapa muda yang bagus, hasil dari pilihan H. Udin dan ngga pernah gagal. Selalu sama kualitasnya, ngga ketuaan dan ngga kemudaan. Karena saya jadi langganan di Es Kelapa Muda H. Udin ini udah dari 10 tahun dan selalu mendapatkan es kelapa muda yang tetap sama dan ngga berubah kualitasnya, ngga pernah dapat yang ketuaan, dan ngga pernah dikasih yang kemudaan juga. Top deh kalau untuk urusan jaga kualitas si H. Udin ini!

Es Kelapa Muda Yang Teksturnya Lembut

Es kelapa mudanya itu NGGA PERNAH GAGAL! Jadi, kalau menurut saya harga seporsi segitu itu ya wajar aja karena si H. Udin harus seleksi kelapanya. Ketika dia mendapatkan kelapa yang gagal, misalnya ketuaan, maka kelapa itu akan dia singkirkan dan tidak akan dia berikan ke pembelinya.

Dia akan memilih lagi kelapa yang lain yang mudanya itu pas baru kemudian dia akan kerok dengan sendoknya yang khusus itu. Teknik ngeroknya juga ngga sembarangan kalau saya bilang karena saya pernah tuh nyobain beli kelapa muda di dekat rumah, terus ya udah, setelah saya pelajari cara ngeroknya si H. Udin ini saya coba terapkan, dan ternyata NGGA GAMPANG! 

Butuh latihan yang banyak dulu untuk bisa ngerok kelapa muda dan bisa mendapatkan tekstur kerokan kelapa yang lembut seperti itu!

H. Udin Lagi Ngerok Kelapa
H. Udin Lagi Ngerok Kelapa

Kalian bisa lihat review di Google Maps yang rata-rata bilang kalau Es Kelapa Muda H. Udin ini juara banget! Sebenarnya sederhana apa yang H. Udin ini jual, hanya semangkok es kelapa muda yang dia pilihkan dengan sangat baik kelapanya, habis itu dia kasih gula. Udah itu aja! Ngga ada tuh pilihan pake sirop apa, pake sirop apa.

Kalau kalian tipe yang suka mau pake sirop yang macam-macam, saran saya beli dibungkus aja dan dibawa ke rumah, sehingga nanti bisa sirupnya dikasih macam-macam. Saya kalau beli biasanya juga ngga pake gula, saya minta yang kelapa muda aja original, dan ngga ada pake gula sama sekali karena saya ngga suka yang terlalu manis gitu. Gula kan ngga baik ya buat kesehatan ya? Bisa menyebabkan diabetes juga, makanya saya kalau makan yang original aja.

Tapi buat kalian yang hobi pake campuran sirop yang macam-macam, kalian tidak akan mendapatkan sirop yang macam-macam ada di sini. Adanya cuma gula doang, dan gula standar aja.

Kalau kalian ngga suka, beli aja tanpa pake gula, dan kalau masih terlalu hambar buat kalian es kelapa muda yang tanpa ada gulanya sama sekali kaya gitu, kalian belinya dibungkus aja untuk kemudian dimakan di rumah.

Tekstur kelapanya ngga bakal ngecewain deh kalau saya bilang sih! Pas dimakan di mulut itu lembutnya berasa! Silakan dicobain sendiri aja kalau pingin tahu tekstur lembut yang saya bilang ini. Top deh pokoknya mah! Buat yang maniak sama yang namanya es kelapa muda, dan sudah mencoba beli es kelapa muda di banyak tempat, saya yakin bakalan suka beli es kelapa muda di sini! Kalian akan bisa membandingkan sendiri betapa es kelapa mudanya H. Udin ini ngga bisa kalian temukan di es kelapa muda yang lain.


Suasana Di Es Kelapa Muda H. Udin

Kemairn saya ke sana bersama istri saya di hari Minggu. Es Kelapa Muda H. Udin ini sudah buka mulai dari jam 7 pagi sampai biasanya jam 12an gitu kadang sudah habis kadang masih ada, tergantung lagi rame atau ngga.

Oh iya, di sebelah H. Udin ini juga ada yang jualan toge goreng dan juga doclang. Jadi, kalian bisa sekalian makan juga kalau ke sini, kalau emang lagi lapar dan ingin nyari makanan.

Tapi kalau mau datang dan coba makan ke Es Kelapa Muda H. Udin ini, usahakan datang sebelum jam 10 siang, biar pasti masih dapat karena kan ngga tahu, kalau lagi rame, bisa cepat habisnya. Saya pernah waktu itu datang jam 12 siang dan mendapati sudah habis soalnya es kelapa muda H. Udin ini.

     Baca juga: Mie Ayam Bakso Legend Di Bogor

Kemarin itu aja suasananya rame, seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Suasana Es Kelapa Muda H. Udin 1


Suasana Es Kelapa Muda H. Udin 2

Suasana Es Kelapa Muda H. Udin 3

Buat kalian yang udah pernah beli atau makan di tempat di Es Kelapa Muda H. Udin ini, sharing juga dong di komen di bawah. Menurut kalian gimana? 

Dan buat kalian yang penasaran dan lagi nyari es kelapa muda yang enak dan juara di Bogor karena tekstur dari kelapa mudanya yang lembut, kalian kudu wajib nyobain Es Kelapa Muda H. Udin ini!

Kalau begitu sekian dulu sharing dari saya mengenai kuliner di Bogor dan sampai ketemu lagi.

Komentar