Bubur Ayam Putra Cianjur - Bogor

Halo semuanya, ketemu lagi sama saya, Iman Prabawa. Kali ini saya mau ngebahas soal kuliner di Bogor yaitu Bubur Ayam Putra Cianjur. Ini bubur dulunya rame banget dan buat yang dulu pernah ke jalan Pandawa Raya, sebelum sekarang namanya diganti jadi Jl. Achmad Adnawijaya pasti tahu bubur ayam ini karena dulu itu bukanya sore hari di perempatan jalan Pandawa Raya dan rame banget yang makan.

Bubur Ayam Putra Cianjur - Bogor

Buat kalian yang dulu pernah makan di bubur ayam ini terus kemudian ngerasa kehilangan karena sudah pindah tempat, terus kalian nyari-nyari pindahnya ke mana bubur ayam yang dulu mangkal di perempatan jalan Pandawa itu. Nah, kalian harus baca artikel ini!


Lokasi Bubur Ayam Putra Cianjur

Lokasi yang dulu dari Bubur Ayam Putra Cianjur ini adanya di perempatan jalan Pandawa. Saya fotokan dan saya beri kotak merah. Dulu dia jualannya di situ, dan bukanya sekitaran jam 4 sore dan rame banget yang beli. Mobil-mobil pada antri di situ sementara motor-motor parkir di dekat gerobak bubur ayamnya.

Lokasi Awal Bubur Putra Cianjur

Lokasi yang sekarang itu pindah sekitar 500 meteran kurang lebih dari tempat yang dulu. Untuk lokasinya kalian bisa tonton video singkat saya di bawah ini.

Dan juga saya sertakan Google Mapsnya, biar kalian mudah untuk mencarinya.

Dan bisa kita lihat juga lokasinya pada foto-foto di bawah ini.

Tampak Depan Bubur Putra Cianjur


Lokasi Bubur Ayam Putra Cianjur 1


Lokasi Bubur Ayam Putra Cianjur 2


Lokasi Bubur Ayam Putra Cianjur 3

Terakhir kali saya datang itu kira-kira beberapa hari yang lalu dan lokasinya yang sekarang itu di sebelahnya ada Roasty Toast. Sepertinya tempat makan juga, berada tepat di sebelah Bubur Ayam Putra Cianjur ini.


Bubur Ayam Legend Di Bogor

Bubur ayam ini sebenarnya termasuk legend ya kalau menurut saya, tapi entah kenapa, sekarang yang makan di sini terbilang sepi. Mungkin karena pada ngga tau sudah pindah dari tempat lama, soalnya saya termasuk orang yang makan saat bubur ayam ini rame sekali sekitaran tahun 2014.

     Baca juga: Soto Mie Enak Di Bogor

Ternyata saya masih ada foto-foto lama karena dulu banget saya pernah buat artikel mengenai bubur ayam ini. Saya taruh di sini deh foto-foto waktu masih kondisi bubur ayam yang dulu, yang waktu masih mangkal di perempatan yang saya fotokan di atas yang pake kotak merah itu.

Bubur Ayam Putra Cianjur Lama

Tempat sambalnya bentuknya seperti itu kalau dulu, masih pake tempat yang gede banget.

Tempat Sambalnya Gede

Kalau yang sekarang, tempat sambalnya seperti yang terlihat pada foto di bawah ini. Tempat sambalnya tidak segede tempat sambal yang dulu.

Tempat Sambal Yang Sekarang

Yang makan masih di dalam tenda, karena belum ada tempat seperti yang sekarang ini.

Bubur Ayam Putra Cianjur Dulu 2

Kalau yang sekarang kan sudah punya tempat sendiri, udah ngga pake tenda lagi seperti waktu dulu, waktu masih mangkal di perempatan jalan Pandawa.

Bubur Ayam Putra Cianjur Sekarang

Jadi, Bubur Ayam Putra Cianjur ini sudah termasuk lama, udah lebih dari 10 tahun jualannya tapi entah kenapa yang sekarang beli di sini ngga serame dulu. Mungkin karena pada ngga tahu pindahnya ke mana seperti saya dulu juga ngga tahu pindahnya ke mana, dan setelah sekian lama baru kemudian tahu ternyata pindahnya ngga jauh dari tempat dulu mangkal.

Atau bisa jadi juga karena selera orang udah berubah. Tapi terakhir waktu beberapa hari saya datang lagi ke sana, udah lumayan rame lagi walau tetap belum serame yang dulu.


Bubur Ayam Enak Di Bogor

Terakhir saya makan, sekitaran beberapa hari yang lalu, harga satu porsi bubur ayamnya adalah Rp 13ribu.

Seporsi Bubur Ayam

Lalu kita akan disodori juga sate setelah kita memesan. Satenya itu adalah sate usus, sate ampela dan sate ati ayam seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Sate Usus

Harga satuannya terakhir saya makan di situ adalah Rp 2ribu untuk satenya, apakah itu sate usus, atau sate ampela atau sate ati ayam, semuanya harganya sama.

Kalau kita makan baru nanti akan dihitung, jadi saat makan di situ terus disodori sate, ya biarin aja kalau kita memang tidak suka makan bubur dengan sate.

     Baca juga: Es Kelapa Muda Legend Di Bogor

Sepertinya makan bubur ayam dengan sate seperti ini merupakan hal yang biasa kalau di Cianjur, soalnya saya pernah sekali makan bubur ayam yang terkenal di Cianjur yaitu Bubur Ayam Sampurna, di situ juga tersedia sate-satean seperti di sini.

Saya termasuk tim bubur diaduk, jadi kalau makan bubur ayam, pasti biasanya akan saya aduk dulu sebelum saya makan.

Tim Bubur Ayam Diaduk

Oh iya, itu sambalnya termasuk pedas! Jadi, berhati-hatilah kalau ngambil sambal! Jangan langsung ambil banyak karena sambalnya terbilang pedas.

Dan satu lagi, di Bubur Ayam Putra Cianjur ini masih menyediakan Teh Botol kalau kita pingin minum, tapi sebenarnya tetap disediakan juga teh tawar hangat.

Bubur Ayam dan Teh Botol

Dan yang sekarang, kalau kita mau dibungkus, kita bisa punya dua pilihan. Mau dibungkus pake plastik, seperti yang dulu, atau sekarang sudah menyediakan mika.

Jadi, nanti kalau kita beli untuk dibungkus, nanti akan ditanya sama si akangnya, mau pake mika atau mau pake plastik? Kalau saya masih lebih memilih pake plastik karena nostalgiaan seperti yang dulu aja sih.

Dan entah kenapa, kalau menurut saya, ini subjektivitas saya pribadi aja, beli dibungkus di plastik itu buat saya jauh lebih enak ketimbang kalau kita makan di tempatnya langsung. Entah kenapa saya juga ngga tahu. Mungkin karena kalau dibungkus dan makan di rumah, lebih rileks kita makannya, jadi terasa lebih enak. Entahlah!


Kesan Makan Di Bubur Ayam Putra Cianjur

Buat kalian yang lagi nyari bubur ayam enak di Bogor maka Bubur Ayam Putra Cianjur ini bisa jadi pilihan buat kalian.

Harganya terbilang murah dan ngga menguras kantong pastinya tapi rasanya enak. Lalu kalau kalian suka makan bubur ayam pake sate, kalian bisa makan pake sate dan harga satu tusuk satenya juga ngga terbilang mahal.

Untuk minumnya, yang saya tahu ada di kulkasnya itu Teh Botol dan untuk merek lain ngga tahu, tapi saya juga pernah makan di situ dan ngga ada Teh Botol, jadi ya minumnya dari teh tawar hangat yang disediakan aja.

Bukanya masih seperti dulu, sekitaran jam 4 sorean gitu. Sayang sekali sih kalau saya bilang karena sekarang kan mereka sudah punya tempat sendiri, kalau mereka bisa buka lebih pagi lagi, kan kita jadi bisa punya pilihan untuk bisa makan bubur ayam ngga harus di sore hari.

Untuk parkiran mobil, parkirnya di pinggir jalan sementara kalau untuk parkiran motor, masih bisa di dekat gerobaknya.

Jadi, menurut saya sih worth it kalau kalian lagi ke Bogor dan nyari bubur ayam yang enak di Bogor, Bubur Ayam Putra Cianjur ini bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa kalian datangi.

Kalau begitu saya rasa sekian dulu dari saya mengenai Bubur Ayam Putra Cianjur Bogor ini. Terima kasih sudah membaca artikel saya dan sampai ketemu lagi.


Komentar